Mematikan StartUp Membandel di Linux

Postingan kali ini akan membahas salah satu cara untuk mematikan item start up yang membandel di Linux. Latar belakangnya begini nih,,

Hari senin, seperti biasa, aku masuk jam 08.30. Dengan tenang langsung menuju ruang NOC (Network Operation Center) tercinta. Langsung nyalakan server ujicoba yang masih pakai Linux CentOS 5. Entah mengapa, kali ini start up nya lamaaa banget. Tampilan GUI XWindow sudah mulai berhasil di-load, tapi layar login sama sekali belum muncul. Tampaknya ada service (layanan) tertentu yang bandel nih. Nggak sabar menunggu loading yang terlalu lama, aku restart paksa saja. Kali ini aku pengen tau service apa yang gagal dijalankan sampai-sampai memaksa PCku nggak mau memunculkan layar login. Ternyata eh ternyata…service tambahanku sendiri yang kubuat kemarin Jum’at.😀 Gak jadi kesel (tapi jadi malu iya…).


Jadi kemarin aku membuat perubahan di file /etc/rc.local yang dipakai untuk menjalankan service tambahan secara otomatis saat komputer booting. Aku mengubahnya dengan menambah baris ini:

#script tambahan untuk menyalakan server SMS
/usr/local/bin/gammu --smsd MYSQL /etc/smsdrc

Sayangnya justru ini membuat bootingnya jadi bermasalah. Jadi aku mesti mengubah file tersebut ke aslinya, dengan membuang baris tambahan tadi. Satu-satunya cara aku mesti mengubahnya lewat akses remote lewat PC lain di jaringan.

Beruntung, koneksi LANnya selalu jalan. Jadinya aku minta tolong teman kantorku buat mengakses lewat komputernya. Jadi langsung saja aku akses lewat ssh.

Langsung deh,

ssh root@10.6.33.121
cd /etc
nano rc.local

Sip, beres. Tapi sepertinya perlu juga mematikan service-service lain yang gak perlu. Jadi lanjut ke langkah berikutnya.
1. Cek dulu service-service apa saja yang berjalan.
peintahnya:

chkconfig --list

2. Matikan service yang gak perlu
format perintahnya:

chkconfig --level kode_nomer namaservice off

kode_nomer adalah kombinasi angka antara 1-6
Contohnya

chkconfig --list
chkconfig --level 345 bluetooth off

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: