Membuat Rule-Based Sistem Pakar pada Java dengan JESS (1)

Sistem pakar merupakan bagian inovasi dalam bidang ilmu kecerdasan buatan (artificial intelligence). Sistem pakar mencoba memberikan rekomendasi-rekomendasi atas permasalahan yang diberikan berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya. Hal ini ibarat mensimulasikan keberadaan pakar itu sendiri saat pengguna berkonsultasi dengan pakar yang sebenarnya. Di antara keunggulan sistem pakar adalah adanya mesin inferensi di dalamnya. Mesin inferensi ini merupakan inti algoritma sistem pakar tersebut dalam memberikan rekomendasi. Pembuatan mesin inferensi terkait suatu bidang pengetahuan tertentu dapat dilakukan secara dependen maupun independen terhadap bidang pengetahuan tersebut.

Penggunaan mesin inferensi yang dependen terhadap domain menyebabkan perlunya pembangunan ulang mesin inferensi apabila diinginkan pembangunan sistem pakar baru atas bidang tersebut. Penggunaan expert system shell tertentu dapat mengurangi permasalahan ini. Para pengembang dapat menggunakan kemudahan pengembangan, kehandalan algoritma dan kecepatan proses dari expert system shell tersebut Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik.

Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.

Di antara tipe arsitektur sistem pakar yang sering digunakan adalah arsitektur berbasis kaidah (rule-based). Penggunaan arsitektur ini dapat lebih dijelaskan pada gambar berikut ini :
Komponen utama dari rule-based sistem pakar:

•    FACT BASE atau list tentang fakta-fakta yang menunjukkan kondisi awal suatu permasalahan. Ini merupakan data dimana dari sinilah nantinya keputusan/Solusi tsb dapat diturunkan.

•    RULE BASE atau knowledge base (KB) berisi sekumpulan rule yang dapat memindahkan kita dari kondisi awal permasalahan ke Solusi.

•    INFERENCE ENGINE mengatur proses eksekusi rule secara keseluruhan. Engine ini akan mencocokkan fakta-fakta yang ada dengan rule-rule yang ada di knowledge base (KB) untuk dilihat mana rule yang applicable.

Siklus kerja dari Inference Engine tsb adalah sbb:
–    Matching fakta-fakta permasalahan dengan rule-rule di KB.
–    Pilih rule mana yang siap untuk dieksekusi.
–    Eksekusi rule untuk memunculkan fakta baru atau Solusi akhir permasalahan.

2

Penggunaan rule-based sistem pakar di antaranya yaitu :
1)    Jika domain permasalahannya sempit dan dipahami secara mendalam melaui teori-teori yang tersedia lengkap.
2)    Representasi pengetahuan diwujudkan dalam bentuk fakta dan aturan
3)    Output yang diharapkan berupa rekomendasi
4)    Pembelajaran sistem secara mandiri tidak diutamakan.
(to be continued….)


3 responses to this post.

  1. Posted by jatim-corner on November 26, 2008 at 4:17 am

    ayoo..buruan yang jilid 2 nya ditunggu

    Balas

  2. Posted by rina on Januari 9, 2009 at 3:21 pm

    iya ditunggu banget yang bag 2nya, sekalian pinging diskusi juga sama mas ari, tapi mas ari sdng offline..😦

    Balas

  3. Posted by admin on September 21, 2011 at 3:20 am

    terima kasih mau berbagi info … semoga bermanfaat bagi yang lain

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: